11 Jul 2013

[Genre Buku] Children's Literature

Halo, Kakak Ilman dan Adek Zidan...

Bunda sering kepikiran kalo nggak ada meme Wishful Wednesday, kayaknya blog Bunda bakalan jarang update, deh. Belakangan, Bunda susah mau buat review. Pojok Miiko aja masih mandeg. Itu dikarenakan pas hari Senin, Bunda sering banget yang meeting lah, internet mati lah. Ada aja gitu yang bikin mandeg. Emang, sih, sempet kepikir buat bikin review terjadwal. Tapi berhubung kadang internetnya dudul, lalu kelupaan dan males, deh, akhirnya... :D

Tapi, Bunda kepikiran lagi. Masa sih, cuma review buku aja isi blog ini? Seharusnya, selain review, Bunda bisa kasih sesuatu yang bermanfaat buat pembaca blog buku Bunda ini secara meluas. Termasuk kalian tentunya.

Lalu, Bunda terpikir untuk posting dan membahas mengenai genre buku setiap hari Kamis. Sebenarnya, ini berangkat dari kebutuhan pribadi Bunda yang nggak terlalu tahu banyak mengenai genre buku maupun definisinya.

Nah! Maka dari itu, Bunda berniat merangkum dari beberapa artikel yang Bunda dapat mengenai genre-genre tersebut, dengan harapan, minimal Bunda sendiri lalu paham kemudian ada catatannya dan ga susah lagi carinya di mana. Hehe..

Bunda akan mulai dengan genre Children Books atau Children Literature atau Buku Anak. Soalnya, kebetulan tanggal 23 Juli kan hari anak. Terus, program baca bareng BBI bulan Juli juga ada genre ini. Sehingga, untuk posting pertama, Bunda akan hadirkan mengenai Children Books.

Children Literature

Seperti semua orang tahu, pasti buku anak. Buku yang diperuntukkan bagi anak-anak. Nah, kriteria anak-anak inilah yang kadang ambigu. Ada yang bilang, yang disebut anak-anak itu mulai usia 0 - 10 tahun. Sementara menurut Goodreads, buku anak itu ya diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Nah, menurut om Wiki,
"adalah genre sastra yang ditulis dan diterbitkan untuk anak-anak. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan disukai juga oleh remaja atau orang dewasa. Selain itu, sejumlah cerita yang dianggap klasik, dulunya ditulis untuk orang dewasa."

Menurut Asosiasi Perpustakaan Amerika, definisi buku anak adalah buku yang sesuai dengan tingkat kemampuan membaca dan minat anak-anak dari kelompok umur tertentu atau tingkat pendidikan mulai dari pra sekolah hingga tingkat akhir sekolah dasar.













Children's literature ini terbagi atas beberapa klasifikasi, di antaranya:
a. Klasifikasi berdasarkan genre:
  • Buku bergambar
  • Sastra tradisional di antaranya mitos, dongeng, fabel, cerita rakyat, legenda, sajak.
  • Fiksi, termasuk fantasi, fiksi modern, dan fiksi sejarah
  • Non fiksi
  • Biografi dan auto-biografi
  • Puisi
b. Klasifikasi berdasarkan usia:
  • Buku bergambar (picture books)cocok untuk anak berusia 0-5 tahun
  • Early reader books, untuk anak berusia 5-7 tahun
  • Chapter books, cocok untuk anak berusia 7-12 tahun
    • Short chapter books, biasanya cocok untuk anak berusia 7-9 tahun
    • Longer chapter books, biasanya cocok untuk anak berusia 9-12 tahun
  • Young adult fiction, cocok untuk anak berusia 12-18 tahun
Penulis buku anak yang terkenal di antaranya:
Dr. Seuss
Roald Dahl
Jacqueline Wilson
Hans Christian Andersen
Enid Blyton
Astrid Lindgren
Oscar Wilde
J.K Rowling
......
dan lain-lain, termasuk juga Ono Eriko, mangaka favorit Bunda... hihihi....





Nah... ke depannya, Bunda akan bahas satu persatu di setiap postingan masing-masing klasifikasi. Insya Allah, Kamis depan, Bunda akan bahas mengenai Buku bergambar atau picture books sebagai salah satu klasifikasi genre dari Children's Literature...

3 komentar:

  1. orang dewasa pun masih perlu baca child lit ya teh :)

    BalasHapus
  2. yak! aku juga kepikiran posting tentang genre-genre buku mbak karena aku juga masih bingung, banyak banget genre buku tapi yang sering diulas hanya seputar romance, thriller, dll padahal masih banyakkkkkk lagi 'anak-anak' genre tersebut yang jarang diulas

    BalasHapus
  3. mungkin karena waktu kecil aku masih jarang baca (karena nggak ada bahan bacaan), sekarang aku nggak terlalu suka sama child lit :'(

    BalasHapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*