10 Apr 2015

[Around the Genres in 30 Days] Children's and Young Adult's Literature Group Giveaway Hop


Hai hai haiiii...

Sebagai bagian dari #BBI4thAnniv, Children's and Young Adult's Literature group mengadakan serangkaian kegiatan yang fun! Kamu sudah ikut Reading Challenge dan Giveawaynya?

Sebagai tambahan, Ketimbun Buku nggak pengen ketinggalan untuk berpartisipasi dalam keriaan ini. Saya juga pengen ikutan bikin giveaway di Ketimbun Buku.

Simpel aja, sih. Saya cuma minta kamu jawab pertanyaan berikut ini:
Siapa nama asli Dr. Seuss?
Di manakah manga Miiko pertama kalinya diterbitkan?
Rekomendasiin saya, dong, judul buku genre Children's and Young Adult's Literature yang paling berkesan buatmu. Kenapa saya mesti baca itu?

Untuk dua pertanyaan di atas, bocorannya silakan dicek di sini dan di sini :D

Nah, ini rules dan prize buat ikutan giveaway ini..

1. Jawab pertanyaan di atas di kolom komentar, ya. Satu orang hanya boleh satu kali menjawab. Oya, komentar di blog ini saya moderasi, semua komentar akan saya approve setelah giveaway berakhir.
2. Giveaway berlangsung dari 10 - 16 April 2015 jam 23.59 WIB. Pemenang akan diumumkan hari Jumat, 17 April 2015.
3. Saya akan memilih satu pemenang yang dua jawaban pertanyaannya benar dan rekomendasinya paling berkesan menurut saya. Pemenang boleh memilih buku bergenre anak/YA dari online shop Opentrolley Indonesia atau Periplus Indonesia atau Books and Beyond Indonesia dengan nilai maksimal IDR 150k sudah dengan ongkos kirim, ya.
4. Pemenang harus punya alamat kirim di Indonesia, ya...

Kamu bisa ikutan giveaway hop anggota grup Children's and Young Adult's Literature lainnya dengan klik link di bawah ini, ya!





19 komentar:

  1. 1. Theodor Seuss Geisel
    2. Majalah Pyong-Pyong
    3. Mau rekomendasi Keluarga Cemara. Buku keluarga cemara terbitan terbaru (2013) menyatukan 3 buku menjadi 1. Jadi dari yang awalnya 6 buku sekarang hanya jadi 2 buku. Buku ini berkesan banget buat saya, bahkan di review yang saya buat saya juga bilang kalo saya bakal minta keluarga saya untuk baca buku ini. Banyak banget pelajaran yang bisa diambil, dan disajikan dengan cara yang ringan dan tidak terkesan menggurui. Pelajaran yang bisa diambil adalah tentang pentingnya keluarga, pentingnya memegang teguh kejujuran dan tanggung jawab, pentingnya mempertahankan harga diri, dan pentingnya berbaik hati. Di buku ini juga diselipkan bagaimana cara bersyukur. Ada juga tentang kerukunan antar umat beragama. Dan yang paling penting mengajarkan bahwa ada kebahagiaan dalam kesederhanaan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *noted Keluarga Cemara*
      makasih, ya, Etika... udah ikut GA Ketimbun Buku ^_^

      Hapus
    2. HIhihi sama-sama mbak :)

      Hapus
  2. Nama asli Dr. Seuss : Theodor Seuss Geisel

    Miiko pertamakali terbit yaitu dimajalah Pyong-Pyong, kalau dimananya tentu di Jepang hehe.


    banyak novel anak dan YA yang saya suka, karena ini salah satu genre favorite saya XD
    tapi kali ini saya mau merekomendasikan Howl Series (saya ga tahu Mbak sudah baca novel ini belum). Ada tiga seri:
    1. Howl's Moving Castle (sudah diterbitkan GPU)
    2. Castle in the Air
    3. House of Many Ways
    sayang belum ada kabar kelanjutan terbit 2 seri sekuelnya T_T

    novel ini karakter2-nya sangat menarik terutama Howl, sihirnya juga keren. Ada persahabatan, cinta, kasih sayang keluarga, perang, sihir, komedi, dll disini. Pokoknya novel ini paket lengkap deh, dari ketiga seri favoritku adalah Howl's Moving Castle. Ketiganya cocok untuk dibaca semua umur, seri Howl's Moving Castle sudah dianimasikan oleh Studio Ghibli (ada perbedaan versi novel dan animenya)
    *maaf panjang*

    BalasHapus
  3. Halo mbak peni, salam kenal. Ikutan GA nya yaa :)
    1. Theodoe Seuss Geisel
    2. Majalah pyong pyong

    Nah,kalau saya boleh saranin buku anak/YA yang paling berkesan buat saya yang judulnya Holes (Louis sachar).
    Kenapa mbak harus baca buku itu ? Jawabannya :
    Soalnya di sepanjang buku itu banyak cerita yang asli bikin ketawa ngakak, jadi bisa mengilangkan penat/stress. hehehe....Yang jelas ceritanya sangat.. sangat orisinal,...4 jempol buat kejeniusan pengarangnya menulis buku itu. Oya,bukunya mendapat penghargaan newberry juga dan sudah difilmkan lho.
    Sekian...dan mudah-mudahan mbak peni belum baca aja bukunya ya. ( Kalau dari bookshelf mbak di GR sih saya cek belum ada ).
    Terima kasih sudah boleh ikutan GAnya.

    BalasHapus
  4. email: vionasese138@gmail.com
    Siapa nama asli Dr. Seuss?
    Nama asli Dr. Seuss adalah Theodor Seuss Geisel , susah ya nyebutin tuh nama :(

    Di manakah manga Miiko pertama kalinya diterbitkan?
    Pertama kali dimuat di majalah Pyong-pyong dan berlanjut ke majalah Ciao di tahun 1995^^

    Rekomendasiin saya, dong, judul buku genre Children's and Young Adult's Literature yang paling berkesan buatmu. Kenapa saya mesti baca itu?
    Harus baca HAPPILY EVER AFTER(HEA) by Winna Efendi
    Kenapa?
    Gaya penulisannya sangat bagus! Winna Efendi juga merupakan salah satu penulis Indo favorit aku!
    Buku ini sangat 'keluarga', meningat banyaknya teenlit yang hanya memfokuskan ke dalam kehidupan remaja (sekolah, geng, teman sepermainan). Buku ini memiliki ide cerita yang dicampuradukkan, kemainstream-an ditutupi dengan poin-poin lainnya. Gaya penulisan Winna Efendi bener-bener bikin aku terbawa suasana, bahkan sempet nangis bawang pas.... juga aku ikutan nyesek pas si Lulu (tokoh utama) dihianati oleh temennya sendiri dan direbut pula pacarnya!! gilaaa!! huuu.. Lulu malah diem-diem doang, nggak mukul/ minimal marah (btw ini spoiler dikit gapapa ya) Jujur saja, konflik cerita sedikit berat ya untuk genre YA, need a spoiler? Email aku ya! Atau read the review (coming soon di starlibrary.wordpress.com #skalianpromo) Bener deh mbak harus baca ya!!

    BalasHapus
  5. Nama asli Dr. Seuss : Theodor Seuss Geisel
    Manga Miiko pertama kali dimuat di majalah Pyong-pyong.
    Rekomendasi :

    Liesl and Po. Ceritanya sederhana, teh. Novel fantasi sih, tapi yang aku suka selain ceritanya, adalah ilustrasinya. Seakan kita ikut dalam petualangan mereka berdua ^^

    Makasih giveawaynya yaaa teeh :*

    BalasHapus
  6. Halo Kakak Ilman dan Adik Zaidan, Teh Syifa mau ikut memeriahkan giveaway Bunda Peni ya. Hmm, Kak Ilman dan Dik Zaidan rayu Bunda untuk menangin Teteh ya, hihi :3 ^0^

    Nih, Teh Syifa jawab dulu pertanyaan Bunda Peni ya. Semoga tepat :D

    1. Nama asli Dr. Seuss adalah Theodor Seuss Geisel.
    2. Manga Halo Miiko atau Miiko Desu awalnya dimuat di majalah Pyong-pyong, yang kemudian berlanjut ke majalah Ciao di tahun 1995.
    3. Kalau Bunda Peni minta rekomendasi judul untuk child-lit, bilang sama Bunda kalau Teh Syifa rekomendasiin semua serial karangan Oma Enid Blyton. Kenapa harus punya Oma Enid? Karena semua buku-bukunya keren banget, dan pasti--baik Kakak Ilman maupun Adik Zaidan bakal suka sama cerita detektif ala Sapta Siaga, Lima Sekawan, dan Pasukan Mau Tahu. Nah, kalau mau cerita anak-anak sekolahan juga ada nih, serial Malory Towers dan Si Gadis Badung bakal jadi bacaan keren untuk Bunda, Kakak, dan juga Adik (atau mungkin sama Ayah?).

    Selain itu, bilang sama Bunda juga untuk coba baca buku-buku anak karangan Clara Ng sama Tere Liye. Biar kita juga mendukung lahirnya penulis lokal yang menulis buku anak-anak terbaik. Jangan lupa ya!

    Oiya, satu lagi, kalau Bunda maunya genre YA, Teh Syifa mau rekomendasiin buku Will Grayson, Will Grayson dari Om John Green dan Om David Levithan untuk Bunda Peni baca. Bilang aja sama Bunda buku ini bagus untuk belajar membuka hati selebar-lebarnya dan biar kita bisa menghargai siapapun orang di sekeliling kita.

    Kakak Ilman sama Adik Zaidan jangan lupa sampaikan pesan Teteh ini ya. Bujuk rayu Bunda Peni biar Teteh bisa dapetin hadiahnya. Makasih *peyuk*

    BalasHapus
  7. 1. Theodor Seuss Geisel
    2. Majalah Pyong-pyong

    Saya sarankan komik Yotsuba! karangan Kiyohiko Azuma-sensei. Tokoh utamanya namanya Yotsuba, rambutnya hijau, dan kelakuannya polos bin bikin gemes. Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari Yotsuba, anak kecil yang diadopsi oleh seorang lelaki (yang sampai sekarang cuma disebut sebagai "ayah", "tou-chan", nggak ada yang tahu siapa nama aslinya) yang nggak punya istri.

    Komiknya lebih ngehits/punya rating lebih dibanding Miiko loh, hehe. Di Indonesia, komik ini juga mendulang kesuksesan sehingga kita bakal kesusahan nyarinya. Sekalinya ada yang jual langsung diobral dengan harga yang tinggi banget.

    Semoga saya menang giveawaynya \ o /

    BalasHapus
  8. nama asli dr seuss = theodor seuss geisel

    miiko pertama terbit di majalah pyong-pyong

    rekomendasi : 'momo'-nya michael ende.. kenapa buku ini? karena walau udah puluhan tahun berlalu sejak momo pertama terbit tapi kehadiran tuan kelabu yang 'mencuri waktu' masih bisa dirasakan sampai saat ini.. alurnya memang rada lambat di awal tapi kalau bersabar baca sampai akhir maka akan sepakat kalau buku ini amat layak dibaca.

    ahh.. jadi pengen baca ulang momo XD

    BalasHapus
  9. Siapa nama asli Dr. Seuss?
    Theodor Seuss Geisel

    Di manakah manga Miiko pertama kalinya diterbitkan?
    Manga Halo Miiko atau Miiko Desu awalnya dimuat di majalah Pyong-pyong, yang kemudian berlanjut ke majalah Ciao di tahun 1995

    Rekomendasiin saya, dong, judul buku genre Children's and Young Adult's Literature yang paling berkesan buatmu. Kenapa saya mesti baca itu?
    Hantu Cilik karya Otfried PreuBler. ceritanya tentang Hantu Cilik yang selalu terbangun ketika jam berdentang dua belas kali waktu tengah malam. suatu hari Hantu Cilik terbangun di siang hari. dia pun memulai petualangannya menjelajah kota. tidak tahunya, dia malah menimbulkan kekacauan di kota. nah, kenapa aku rekomendasikan buku ini? karena ceritanya lucu banget! aku dibuat ketawa dengan tingkah Hantu Cilik :D

    BalasHapus
  10. 1. Theodor Seuss Geisel

    2. Di Jepang, di majalah Pyong-pyong

    3. Buku rekomendasiku adalah: The Yearling - Marjorie Kinnan Rawlings. Ceritanya tentang keluarga Baxter yang hidup di Florida pada akhir tahun 1800-an. Suatu hari keluarga ini mengadopsi seekor anak rusa yang diberi nama Flag. Jody, anak satu-satunya keluarga Baxter, menjadi sahabat bagi si anak rusa.

    Ceritanya sangat menyentuh buat saya. Suka banget dengan hubungan kekeluargaannya keluarga Baxter. Ayah yang perhatian pada anak, serta si ibu yang tegas memberi dinamika tersendiri. Akhir ceritanya sukses bikin trenyuh :')

    BalasHapus
  11. Nama asli Dr. Seuss adalah Theodor Seuss Geisel

    Di majalah Pyong-pyong, yang kemudian berlanjut ke majalah Ciao di tahun 1995.

    Aku rekomendasikan buku Itoko Ingin Diet buat bunda. Buku ini memenangkan penghargaan sebagai penulis pendatang baru terbaik versi Japanese Children's Literature Association 2013. Ceritanya berkutat seputar Itoko yang ingin diet karena makanan yang ia makan membuatnya jadi gemuk. Tapi karena diet ini Itoko berantem sama teman2nya. Dari buku ini banyak pelajaran tentang persahabatan.


    Itoko yakin dia ingin mencoba diet, meskipun banyak teman meragukan kemampuannya. Yang menjadi akar perselisihan hanyalah masalah harga diri. Kelihatan dari sini ada unsur budaya, karena harga diri bagi orang Jepang sangat sensitif. Sebagai child-lit, buku ini mengupas tentang apa yang selama ini terjadi jika seorang anak mengalami bullying di sekolah karena kegemukan. Apa dampaknya buat anak2 dan apa yang mereka lakukan untuk bisa memaafkan dan belajar bersahabat dengan orang yang awalnya jadi musuh. Salut dengan penulisnya karena ceritanya jadi menghangat di akhir. Bahasanya asyik dengan sudut pandang setiap tokoh.

    BalasHapus
  12. nama asli Dr.Seuss itu Theodor Seuss Geisel, terus manga Miiko pertama kali diterbitkan di Jepang di majalah Pyong-Pyong terus Pyong-Pyong berhenti. Jadi, manga Miiko dilanjut di majalah Ciao. Terus Ono Eriko pernah jadi penulis manga ke-30 terbaik dari kodansha manga award kalau nggak salah, hehe. Aku juga suka banget sama miiko kak! Sekarang sudah ngoleksi semua kecuali yang vol.27 belum beli hehehe

    Rekomendasi buku anak? Ulysses Moore, diterbitkan sama Erlangga for Kids. Itu ada tiga seri kalo nggak salah._. Aku baru baca dua seri yang Pintu Waktu sama Peta yang Hilang. Ceritanya itu tentang petualangan tiga orang anak. Nah, petualangannya ini berawal dari pindah rumah. Rumahnya itu misterius banget. Nggak ada tetangga di sekitar karena rumahnya di tebing atas laut. Kesannya serem dari luar. Nah, lalu ada sebuah pintu yang nggak sengaja kebuka padahal pintu itu selalu tertutup di rumah itu. Dan, pintu itu menghubungkan mereka dengan dunia yang lain. Keren banget petualangannya. Apalagi kata pengantarnya dibuat seolah itu adalah cerita nyata, bukan fiksi. Di sampul depan juga nggak ditulis nama penulisnya. Jadi lebih terkesan misterius. Ohya, ini kayak buku terjemahan, kayak bukan. Aku sampe penasaran sama penulisnya. Sampe sekarang belum tau siapa penulisnya. Jujur '-'v Terima kasih kak dengan kesempatan ngadain GAnya, hehehe :)

    BalasHapus
  13. Siapa nama asli Dr. Seuss? Theodor Seuss Geisel

    Di manakah manga Miiko pertama kalinya diterbitkan? di majalah Pyong-pyong. Btw, itu majalah ada gak sih di Indo? Belum pernah denger sebelumnya...

    Rekomendasi buku buat teteh...
    Darren Shan Saga!
    Kenapa teteh musti baca buku itu? Teh, itu penulis favorit aku teh. Teteh liat deh blog aku di sini >> http://ryanarien.blogspot.com/. Nama Darren Shan malah lebih dulu disebut ketimbang nama aku. Bukunya bagus loh teh. Tentang Darren Shan (Yep, nama pengarang sama tokoh utamanya sama) yang menjadi manusia setengah vampir demi menyelamatkan nyawa sahabatnya yang ternyata justru bersumpah akan membunuh Darren. Darren bahkan rela meninggalkan semua yang dia miliki termasuk kemanusiaannya. Dia ninggalin keluarganya, sekolahnya, bahkan pacarnya.

    Bukunya ada 12. Teteh bisa intip mereka di GR...

    1. Cirque du Freak https://www.goodreads.com/book/show/2069180.Cirque_Du_Freak
    2. Vampire's Assistant https://www.goodreads.com/book/show/2069297.The_Vampire_s_Assistant
    3. Tunnels of Blood https://www.goodreads.com/book/show/2069336.Tunnels_of_Blood
    4. Vampire Mountain https://www.goodreads.com/book/show/2069422.Vampire_Mountain?from_search=true
    5. Trials of Death https://www.goodreads.com/book/show/3243016-trials-of-death
    6. Vampire Prince https://www.goodreads.com/book/show/7037742-the-vampire-prince
    7. Hunters of the Dusk https://www.goodreads.com/book/show/7037768-hunters-of-the-dusk
    8. Allies of The Night https://www.goodreads.com/book/show/7038779-allies-of-the-night
    9. Killers of the Dawn https://www.goodreads.com/book/show/7042269-killers-of-the-dawn
    10. Lake of Souls https://www.goodreads.com/book/show/7042624-the-lake-of-souls
    11. Lords of the Shadow https://www.goodreads.com/book/show/7042792-lord-of-the-shadows
    12. Sons of Destiny https://www.goodreads.com/book/show/6667079-sons-of-destiny

    Aku punya lengkap teh. Tapi maaf ya gak bisa minjemin. Termasuk buku yang aku sayangi soalnya :p Tapi kalau teteh mau beli, aku bakal bantu cari kok...

    Demi menebar virus Shanster ;)

    BalasHapus
  14. Nama asli Dr. Seuss: Theodor Seuss Geisel
    Manga Miiko pertama kali diterbitkan di Majalah Pyong-pyong
    Judul buku Children/Young Adult yang cukup berkesan buatku adalah Totto Chan dan The Secret Garden. Karena kak Peni sudah membaca Totto Chan (liat di Goodreads, hehe) jadi aku merekomendasikan The Secret Garden aja ya :)

    Buku The Secret Garden sangat berkesan buat aku karena itu buku yang awalnya sangat tidak aku sukai karakternya, menjadi sangat suka. Perkembangan karakter Mary Lennox di buku itu sangat terlihat, dan karakter-karakter lain di dalam buku juga lovable banget. Satu hal yang jadi pesan moral bagiku dari buku ini yaitu seorang anak bisa dicap 'nakal' karena ada sebabnya. Dan akan jauh lebih baik bila sebagai orang tua atau orang yang dituakan, kita berusaha untuk menyediakan media agar anak tersebut dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  15. ikutan yaa... ini jawabanku...

    Siapa nama asli Dr. Seuss? ==> Theodor Seuss Geisel.
    Di manakah manga Miiko pertama kalinya diterbitkan? ==> Di majalah manga Ciao, Jepang.
    Rekomendasiin saya, dong, judul buku genre Children's and Young Adult's Literature yang paling berkesan buatmu. Kenapa saya mesti baca itu? ==> sebenernya mungkin bukan paling... tapi "sangat: berkesan adalah buku The Graveyard Book-nya Neil Gaiman, keren banget... karena bahasanya agak belibet, jadi ngarep buku ini diterjemahin... tapi... terjemahannya harus OK... aku sangat rekomendasiin buku ini, aku sendiri lagi dibagian yang serunya... udah mau selesai, tapi sayang kalo mau cepet2 diselesein... :D

    itu untuk buku bahasa Inggris, untuk buku lokal, aku rekomendasi The Chronicle of Audy: 4R-nya Orizuka... bukunya ringan banget, cocok untuk remaja... ceritanya bagus, pesan2nya juga bagus... ;-)

    terima kasih untuk GA-nya yaa...

    BalasHapus
  16. 1. Nama asli dr seuss adl Theodor Seuss Geisel
    2. manga miko pertama kali diterbitkan di majalah Pyong-pyong
    3. The Truth About Forever dari Orizuka, karena novel ini memberikanku pemahaman tentang HIV/AIDS bahwa penderitanya bisa karena faktor selain sex bebas serta penularan penyakit ini karena pengetahuan tentang penyakit ini minim. Lewat cerita yang berlatar penderita HIV/AIDS ini aku bisa belajar banyak. novel yang dark ini patut dibaca remaja untuk memberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan narkoba lewat novel sehingga terkesan lebih santai dan tidak menggurui sehingga remaja pun lebih memahaminya lewat bacaannya. Sehingga saat membaca akan terhibur dengan jalan ceritanya dan bertambah pengetahuan tentang penyakit ini dan cara menghadapi penderita penyakit ini.

    BalasHapus
  17. Nama aslinya Theodor Seuss Geisel
    Manga miiko pertama kali diterbitkan di majalah Pyong-pyong
    kumpulan dongeng terlezat sedunia karena di dalamnya terdapat dongeng2 tentang makanan-makanan di seluruh dunia yang menambah pengetahuan tentang makanan di seluruh dunia yang dipadukan dalam dongeng sehingga anak-anak senang membacanya. Terlebih lagi buku terbitan penerbit BIP ini ditulis oleh orang Indonesia asli jadi mencintai penulis dalam negeri. Apalagi ilustrasi gambarnya sangat menarik buat anak-anak.

    BalasHapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*