16 Jan 2023

Reading Challenge 2023

*bersih-bersih debu, nyapu, dan ngepel blog ini*

Halo, kakak Ilman dan adek Zi...

Hari ini aku nulis blog lagi setelah ummm... lima tahun berlalu, ya? Kayaknya terakhir aku nulis di sini tuh tahun 2017..

Dan cara aku bicara pada kalian sekarang juga udah berubah, ya, nggak? Kalian hari ini udah kayak temen aku, jadi kalo kita ngobrol, udah pake "aku" dan "kamu"... hihihi..


Salah satu goalsku di tahun 2023 ini adalah nulis ulasan buku lagi. Tahun lalu aku udah lulus baca 100 buku, cuma total halamannya nggak sampai 14rebu halaman. Maka tahun ini, goals-ku baca 63 buku, tapi kalo bisa tembus 20rebu halaman dan nulis ulasannya juga. Well, baca buku hanya baca buku tanpa nulisin perasaanku, agaknya bakalan banyak yang aku lupakan dari baca itu. Dan aku berencana nggak hanya nulis di blog, tapi juga di jurnal membacaku. Yang bisa kalian baca secara luring. 


Pertama, aku mau cerita dulu tentang gimana akhirnya aku memulihkan blog ini... hahaha...

Awalnya aku bikin blog ini kan pake email address aku di Y***o!, tuuh... Nah, aku nggak inget kalo udah ganti kode sandi blog ini. Bahkan alamat surelku pun udah ganti kode sandinya... 

Saat aku mau mulai nulis ulasan buku-buku yang kubaca, aku sadar aku ga bisa masuk ke blogku sendiri karena aku beneran lupa sama kode sandi yang udah kuubah. Ingetnya kode sandi lama, karena saat itu selama bertahun-tahun aku selalu masuk ke blog dengan kode sandi yang sama saat itu. 

Tapi setelah aku mengubah kode sandinya, aku malah ga pernah masuk lagi ke blog....

Nah, setelah bolak balik kayak setrikaan nyari notifikasi pemulihan mulai dari aktivasi via surel, terus ternyata akun surelnya sendiri harus dipulihkan karena udah lama ga dibuka, lalu aktivasi akun surel via SMS, balik lagi akvitasi surel, terus akvitasi blog, ganti kode sandi... hhhh... akhirnya! Voila! Blogku berhasil diakses! 

Cuma berhubung blog ini ada di bawah naungan Google, akhirnya aku bikin alamat surel baru di Google untuk blogku ini, di Google. Udah ga di Y***o! lagi. Terus apa kotak surat di Y***o! bakalan dibuka lagi? Kelihatannya karena semua surel udah dihapus, mungkin bakalan sesekali ditengok aja. Syukurlah semua langganan email hilang, jadinya ga membebani Y***o! 

Untuk merayakan keberhasilan masuk ke blog ini, sebagai posting pertama, aku mau mendeklarasikan rencana ikut Tantangan Membaca alias Reading Challenge-ku di tahun 2023 ini. 

Jadi, aku akan ikut...

6 Reading Challenge!

Reading Challenge apa aja tuh?
1. Natürlich! Goodreads Reading Challenge. Aku menetapkan akan membaca sekitar 63 buku, dengan catatan minimal 100 halaman. Kalo misalnya, ada 1-10 buku yang kubaca di bawah 50 halaman, maka aku akan menambahkan target bukunya menjadi sekitar 73 buku. Karena sebenarnya target utamaku sekarang bukan di jumlah fisik buku, melainkan di jumlah halaman buku yang ingin kubaca. Aku menargetkan 20.230 halaman dibaca tahun 2023 ini. 

2023 Reading Challenge

2023 Reading Challenge
Peni has read 5 books toward her goal of 63 books.
hide

2. Babat Timbunan 2023 Joglosemar. Sebagai anggota BBI Joglosemar, ini tahun keduaku berpartisipasi ikut tantangan Babat Timbunan Joglosemar. Ketentuannya berikut...

  




3. Abroad & Beyond Reading Challenge. Ini tantangan baca dari Nina yang berhadiah. Cuma dari dulu, aku ga pernah kepikiran soal hadiah tiap ikut tantangan membaca karena bisa konsisten dengan tantangan ini aja buatku udah sebuah pencapaian. See? Pencapaian nggak harus muluk-muluk. Bisa konsisten melakukan sesuatu sampai satu tahun aja udah hebat. 

 



4. Tantangan membaca BBBBC. Ini masalahnya. Pas daftar, aku lupa ngisi berapa. Kayaknya 63 buku juga, disamain dengan tantangan baca di Goodreads. Soalnya sempet kepikir pengen naikin angkanya gitu. Haw haw... 

karena ketiganya cakep, aku tampilin semua aja hahaha


5. Tantangan Membacaku sendiri. Membaca buku berbahasa Inggris (sekalian babat Timbunan dan tantangan Nina), sekitar 10 buku (paling sedikit).

 


6. Tantangan Membaca Satu Bulan Satu NonFiksi Missfioree. Emang udah ada rencana baca nonfiksi juga kayak tahun kemarin. Tapi kayaknya seru kalo sekalian ikut tantangan baca. Biar ramai... 




  
Banyak juga ya... Rasanya kayak awal 2012 apa 2013 gitu... hihi.. sepuluh tahun kemudian, semangat ikut tantangan membaca kembali membuncah... wooow... apakah ini siklus 10 tahunan? 

Maka, dengan ini resmi tulisan pertama di tahun 2023 telah dirilis... (apa deh)

Aku ga berharap banyak, nggak berusaha muluk-muluk juga, tapi aku akan berusaha semampuku untuk menjalankan rencana-rencana ini. 

Ganbarimasu! Bis später!

 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*