30 Okt 2012

[bukan review buku] [Posting Bareng BBI] Bunda dan BBI



Halo, kakak Ilman dan Adik Zidan...

Ada momen posting bareng, nih, dari BBI grup di pesbuk. Yang postingin event posting barengnya ini tante Ren. Dalam rangka Hari Blogger Nasional, tanggal 27 Oktober lalu, ada event posting bareng di blog buku kami. Temanya seputar sejarah jadi anggota BBI. Hihihi...

Okay, here the story goes...

Bunda punya blog ini udah lumayan lama. Februari 2010, kalo nggak salah. Tapi dulu sih, sama sekali nggak kepikiran buat pamer berapa banyak buku yang udah dibaca. Itu bisa di Goodreads, kok. Hihi. Di sana kan emang tempatnya pamer baca buku apa aja. Karena di sana jejaring sosial khusus tentang buku. Di blog ini, Bunda cuma pengen punya catatan aja tentang buku yang Bunda baca. Lagian, emang Bunda kan demen aja bikin blog baru. #melipir

Lalu, Bunda pernah lihat di Goodreads, Rahib *yang emang udah jadi kontak Bunda di sana*, sering update tentang BBI. Lalu, Bunda tanya tante Ally. Ternyata, memang ada komunitas Blogger Buku Indonesia. Bunda gengsi aja nanya sama tante Ally, syarat dan lain-lainnya untuk jadi anggota BBI. Hihi. Kenapa?

Pertama, minder. Buku Bunda belum banyak. Jadi, kayaknya belum layak lah buat dimasukin ke jajaran BBI begitu. #tahudiri
Kedua, kalo jalan-jalan ke blog yang masuk dalam agregator BBI itu, wedew! Hebat-hebat reviewnya! Udah, deh, Bunda mah ngeblengsep aja. Masuk kolong! Hahahaha. Lalu, tante Ally seperti mengendus maksud Bunda nanya-nanya begitu. Tapi, Bunda tetep ga minta dimasukin. Tahu diri, laaah... XD
Ketiga, Bunda juga jarang update. Kadang ga tau harus ngisi apa di blog buku itu. Kok, kayaknya ga sebagus punya orang-orang aja gitu....

Sampai suatu ketika, Bunda udah ngerasa pede buat jadi member BBI. Bunda kepikir buat minta didaftarin oleh tante Ally. Bunda pengen juga jadi bagian dari BBI itu. Kayaknya keren, ya. Tapi baru itu aja yang terlintas: kayaknya keren, ya.

Nah, sebelum minta didaftarin itu, setiap Bunda buka Dashboard blog, kok kayak ada overview dari bookbloggerindonesia.blogspot.com? Aneh aja... apakah blog Bunda sudah masuk ke agregator BBI? Nah, berhubung Bunda masih ga percaya diri, Bunda bilang ke tante Ally, minta didaftarin buat jadi anggota BBI. Lalu?

Ternyata, Bunda memang sudah terdaftar jadi anggota BBI yang ke-77! WOW! Jadi, selama ini, blog Bunda yang ini memang sudah masuk ke agregator BBI! *salto* *bilang WOW lagi*



Setelah tahu kalo Bunda adalah member BBI, Bunda pun mulai follow twit BBI di @BBI2011. Bunda juga dimasukin jadi anggota BBI di facebook oleh tante Ally. Nah, yang kerasa banget tuh, setelah berada di grup BBI di facebook. Mulai ada interaksi antar member. Dan di Goodreads juga satu persatu Bunda mulai temenan sama temen-temen BBI. Belum semua, sih.

Ternyata, grup BBI itu seru banget! Ada banyak bahan diskusi. Dari sini juga solidaritas mulai terbentuk. Kayak ngebelain salah satu temen kita, yang reviewnya diserang orang. Lalu, kegiatannya sendiri juga seru. Mulai dari giveaway, baca bareng, posting bareng, kopdar, book swap, sampai... acara nitip beli buku! Untuk yang terakhir ini, Bunda ada kisah sendiri.

Ceritanya, Bunda baru aja temenan sama tante Ren. Bisa dibilang, masih bisa dihitung sama jari lah, jumlah harinya. Lalu, suatu ketika, Bunda emang tahu bahwa Penerbit Matahati ngadain bazaar buat ngabisin stok buku, karena penerbit tersebut mau tutup. Buku-buku terbitan Penerbit Matahati yang bagus-bagus itu dibanderol sangat murah. Sayangnya, hanya diadakan di kantor Matahati. Di Jakarta. Bunda jelas ga mungkin ke Jakarta. Pernah, sih, minta tolong pakde Iwan. Tapi mengingat skedul beliau yang sering ke luar kota, kayaknya ga mungkin bisa dititipi.

Lalu, suatu ketika, Bunda lembur di hari Sabtu. Sebelum mulai taping, Bunda buka pesbuk dan di nyuspid ada status tante Ren yang mau pergi ke bazaar Matahati. Sebelumnya, di Goodreads, tante Ren udah woro-woro dan Bunda udah bilang mau titip. Tapi ya itu, karena Goodreads sering eror di sini, Bunda ga tahu apakah tante Ren ngebalas atau nggak permintaan Bunda. Lagian, Bunda kan belum kenal banget sama tante Ren. Tahu diri lah, kalo seandainya beliau berkeberatan beliin Bunda buku-buku Matahati. Belum kenal, kan...

Nah, Bunda nyamber tuh, di status tante Ren di pesbuk. Bunda sebutin judul buku yang Bunda butuhin. Ga banyak, sih. Sekitar 4-5 buku lah. Masih beradab. Kenapa Bunda bilang masih beradab? Nanti Bunda ceritain.

Ternyata! Dengan kebaikan tante Ren yang bahkan belum kenal Bunda, tante Ren mau ngebeliin buku-buku yang Bunda titip bahkan ngirim ke Bandung sebelum Bunda transfer uangnya! Waduh! Baek banget, ya! Nggak lama setelah tahu rinciannya, Bunda langsung transfer ke tante Ren, ongkir dan ganti beli bukunya.

Lalu, beberapa waktu kemudian, om Dion woro-woro kalo dia nemu buku Rahasia Meede di Gramedia Yogya dengan harga sekian aja. Lagi obral. Berhubung Bunda penasaran dan pengen baca, Bunda titip beli. Ceritanya sama dengan tante Ren, langsung dikirim oleh om Dion.

Nah, masih dengan om Dion. Baru aja hari Senin kemarin, 29 Oktober 2012. Ceritanya, Bunda denger kalo di Togamas Yogya, buku Jonathan Strange dan Mister Norell diobral jadi 60rb aja. Kebetulan, meski udah lewat banget, Kubugil kan ada event baca bareng yang pengen Bunda tuntaskan. Jadi, pas denger diobral begitu, Bunda langsung kepikiran buat titip ke om Dion! Ya! Karena Bunda ingetnya om Dion! Om Dion lokasinya di Yogyes sana.

Bunda langsung kirim private message di pesbuk. Bunda sih udah pasrah aja. Kalo om Dion telat baca atau nggak bisa ke TM ya gapapa. Om Dion emang ga bisa mampir ke TM karena lokasinya jauuuuh banget dari TM. Ya nggak apa-apa, sih. Eh, ternyata, om Dion minta tolong sama tante Desty yang notabene deket kost-nya dengan TM Yogya! Dan udah dibeliin! Haduh! Bunda sampe nangis saking terharunya. Segini baeknya temen-temen di BBI. Dan Bunda juga harus sama baeknya dengan mereka. Bahkan harus lebih baik dari mereka. Terharu banget punya temen-temen sebaik mereka dan merasa BANGGA jadi BAGIAN DARI BBI.

Oya. Bunda mau cerita soal pesen buku yang masih beradab tadi ke tante Ren atau om Dion. Soalnya, karena ternyata ada banyak buku bagus Matahati yang Bunda belum punya, Bunda jadi titip sama tante Echan dan tante Rain. Yang ternyata.... butuh 81.500 IDR sendiri buat ongkos kirimnya, Jakarta ke Bandung. Entah berapa kilo itu. Yang jelas berat! Dan Bunda langsung merasa bersalah karena titip beli. Tapi sekaligus terharu. Semoga, semua yang udah Bunda titipin belanja buku selalu mendapat kebaikan di dalam hidupnya. Selalu dilindungi Allah dan selalu mendapat rahmat dariNYA. Aamiin.

Bunda juga ikut grup whatsapp BBI. Seru! Rame terus! Ada aja yang dibahas. Ga melulu buku, kok. Kadang bahas kerupuk juga. Hihihi... Oya, doakan, ya. BBI berencana mau bikin website sendiri. Mudah-mudahan lancar rencananya dan semua tetap kompak. Melihat semangatnya sih, Bunda yakin dan optimis bakalan terwujud dengan segera.

Berkat ikut BBI, Bunda jadi termotivasi buat banyak hal. Sekarang Bunda lagi mulai nulis fanfic. Bunda juga jadi rajin ikutan giveaway, karena sepertinya memang begini nasib jadi member BBI. Fakir giveaway, anggota ordo buntelan dan penimbun buku. Khusus untuk Bunda, sepertinya Bunda sudah bertransformasi jadi penimbun buku garis keras. Bwahahahaha...

Baru-baru ini Bunda menang giveaway yang diadain oleh tante Melisa dan tante Ren. Dalam sehari, Bunda menang di dua tempat! Senang? Tentu saja!

Omong-omong, kalo soal fakir giveaway, sih, dari sebelum jadi member BBI juga Bunda emang udah doyan ikutan giveaway. Dulu, waktu pertama kali aktif di dunia digital scrapbook. Tiap ada giveaway, pasti aja ikutan. Lumayan, sih, kalo dapet kit. Harganya kan sekitar 6-15 dular satu kit itu... Lah, kok, jadi OOT. Mungkin, memang mau menegaskan, kalo Bunda emang demen yang gratisan. Namanya juga mama murahan. Doyan diskonan apalagi gratisan. Maklum. Mahmud asad yang modis. Mamah muda anak sudah dua yang modal diskonan. *tolong jangan salah artikan dengan murahan ini, ya :D*

Nah, event terdekat BBI tahun ini adalah Secret Santa. Sejenis permainan yang nantinya melibatkan dua orang, yang satu jadi santa *ngasih hadiah* dan yang satunya jadi yang nerima hadiah. Jadi, si calon penerima hadiah bikin daftar keinginan buku apa yang dia pengen punya, lalu nanti dikirimi buku oleh Santa yang dijodohin sama adminnya. Bagusnya event ini apa? Jadi saling mengenal satu sama lain dan lebih akrab. Itu namanya memperpanjang silaturahiim. Bagus, kan? 

Satu harapan Bunda. Semoga komunitas BBI ini terus ada sepanjang masa dan makin kuat juga makin kompak. Meski anggota bertambah, semoga nggak didominasi oleh kepentingan satu orang atau satu kelompok tertentu. Selalu tetap terbuka menerima kritik dan makin bersaudara. Aamiin.

42 komentar:

  1. hehehe angka cantik ya bunda member BBI nya =) btw seru baca cerita titip2an bukunya deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak Astrid! terharu banget sama kebaikan temen-temen BBI... :'(

      Hapus
  2. Serasa pengen jadi anak yg jawab postingan di atas, teh :)

    Tapi iyaaaa....anak2 BBI emang gak ada yg pelit klo dititipin buku. Bahkan walo blm pernah ketemu sekali pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      anak-anakku ntar baca ga ya? :D

      iya, bu dokter... dirimu pun tidak pelit menjawab DM-ku di twitter ;))

      Hapus
  3. wah, membaca postingan ini serasa membaca pesan dari bunda-ku nih... :) keep reading & blogging ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, Rahib! terima kasih sudah banyak membimbing di grup whatsapp :D

      Hapus
  4. Ikut terharu baca kebaikan teman2 BBI *elap ingus* saya juga bisa beli obralan Matahati berkat R3n sama ALvina, mereka emang baik2 banget, mau beliin pdhal belum kenal betul. Pokoknya saya juga harus bs berbuat lebih baik lg demi teman2 BBI


    NB: Saya juga fakir buntelan dan obralan kok Mbak xixixi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... mungkin itu jiwa sebagian besar anggota BBI, ya. fakir buntelan dan obralan :D

      btw, ma kasih banyaaaaaaaaaaak banget, mas Dion!

      Hapus
  5. Harus udah dari dulu ngajak bunda gabung ke BBI. Maaf ya bun, nggak sensitif gini. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak apa-apa, Ally... ternyata sudah ada pencari bakat duluan yang memasukkanku ke BBI ;)

      Hapus
  6. Hehe...kemarin kebetulan saya emang udah niat mau beli buku di Toga Mas. untung Dion SMS-nya pas lagi kuliah, jd sekalian beli titipannya mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma kasih banyak banget, ya, Mbak Desty... *terharu*

      Hapus
  7. hihihi ceritanya detail mb dan lucu bahasanya, kayang mendongeng, khas mb peni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... ma kasih, Sulis sayang ;)

      Hapus
  8. Teh Peni, aku terharuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu :').
    Hahaha, beneran ga ngerepotin kok, kalau orang lain seneng, aku juga ikut seneng ^^.
    Kalau masalah gratisan, semua juga suka termasuk saia :)) (lalu bilang WOW!)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma kasih ma kasih ma kasiiiiih... *cups*

      Hapus
  9. Mba peni suka nulis fanfic juga ya? wah jangan2 suatu saat bisa nulis buku sendiri nanti yang review anak2 BBI. amiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru-baru ini aja sih, terpikir buat nulis fanfic :D
      aamiin... masih belon pede buat nulis :D

      Hapus
  10. Pinjem bukunya dong Bundaaa... Kasian naseb perantau seperti dirikuh *kedipkedip*

    BalasHapus
  11. Duh, aku koq gak ngeh kalo ada yang bisa dititipin obral Matahati? *digeplak*

    Terharu nih baca tulisan ini *peluk dulu ah...*

    Salam buat Ilman dan Zidan.. kapan2 perlu kopdar BBI Junior juga nih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahaha... masa iya, ketinggalan momen dititipin belanja buku Matahati?

      bukannya ikut titip juga? :D

      salam buat Mika, ya, ibu peri... *peluk*

      Hapus
  12. suka dengan cara bertuturnya mba'... jadi kepikiran kalo aku nanti cerita ama anak2ku hehehe... :)

    anggota BBI emang keren ya mba'... baik banget bahkan baru kenal dan belum pernah ketemu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak Inge... anggota BBI emang Taeyang, deh... *ga berani ngetik T.O.P, takut digeplak Ren* :D

      Hapus
  13. whoaaa..Tante Ren dan Om Dion emang the best couple deh..
    belikan saya buku juga yah, hehehe

    sepertinya baru kali ini saya mampir kesini ya mbak Peni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata, bang Helvry juga penitip ke Ren dan Dion ;))

      senangnya ada event ini. blog saya jadi ditengok sama bang Helvry ;)) *loncat senang*

      Hapus
  14. Huaaa postingnya panjaaang :-O
    Aku sempet terkesima sama komennya mbak Peni pas menang giveawayku, bener-bener seneng banget hohohoh... sebagai pemberi hadiah aku juga ikut seneng kok.

    Salam buat kakak Ilman & adik Zidan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... kesannya lebay, ya.. tapi buatku yang saat itu beruntung banget bisa dapet hadiah darimu, jadi jejingkrakan... literally! :D

      Hapus
  15. iya nih, sejak masuk ke BBI jadi penimbun kronis, baik itu beli sendiri maupun yg gratisan.. beberapa kali main ke blog ini tapi kayanya jarang komen :) khas banget gayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nih. duh... bener-bener udah nggak tahan lihat timbunan ^^;

      Hapus
  16. Wow, bunda bisa salto *menganga WOW*

    Btw, aku suka lho mampir kesini walo jarang komen. Soalnya gaya bahasanya itu khas bangeeeet.. love it ;)

    Ayo mba Peni main ke Jogja.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar kalo main ke Jogja kukabari, ya... jadi kita bisa kopdar ;)

      Hapus
  17. hihihihi...ikutan BBI jadi ajang titip buku sana-sini ya Mbak #dompetjebol

    tapi setuju, BBI emang seru dan menyenangkan ^_^

    BalasHapus
  18. Cara bertuturnya keren mbak Peni. Serasa ngebaca diary pribadi...

    Anak-anak BBI emang pada baik-baik... meski gak jarang bahkan gak pernah bertatap muka tapi tetap saling menolong dan memberi kabar klo ada diskon buku. bahkan saling meminjamkan buku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. dipikir-pikir, kok, mereka bisa mudah percaya, ya? tapi pasti karena kita punya kesamaan. nah, dipercaya gitu, kan, kitanya juga jadi belajar percaya ama orang :D
      tapi hanya BBI ajaaaa... ^^;

      Hapus
  19. Blognya Bunda ini salah satu yang paling menghibur untuk dibaca loh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha... bisa aja... hei... sesama orang Bandung, kapan kita kopdar? ;)

      Hapus
  20. Wah, aku kebalikannya bunda Peni, ke-PD an langsng nyosor mas Tanzil minta didaftarin ke list BBI... aih jadi malu :). BBI memang keren ya, teman2nya pun baik banget. Semoga persahabatan di antara kita sesama pecinta dan penimbun buku #eh senantiasa terjalin. Amin :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, dong, enggar... PD itu wajib dipunya anggota BBI ;)

      Hapus
  21. maaf baru sempat BW, waduh kisah teh Peni rame juga ya, bikin aq terharu pula, inget bundaku, sekarang sdh pensiun kegemarannya Facebook malah lebih jago ketimbang aq, sukanya cerita-cerita dan sharing seperti teh Peni ... jadi pengen peluk-peluk deh *mata-basah* yuk sama-sama baca-blogging, aq juga termasuk newbie mbak, tapi teman-teman di sini memang always welcome buat bantuin apa lagi menyangkut buku meski baru kenal, waktu pertama join aq juga banyak dibantu, jadinya sekarang pengen bantuin yang lain juga. Teh Peni di Bandung ya, di sana kan banyak promo sale juga termasuk matahati, tapi klo butuh cari misal di sby, bisa kok titip ke aq (selama bukunya masih ada ya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *peluk mbak Maria*
      lah... belum apa-apa aku udah kepikiran mau titip lagi, nih.... hihihi...

      Hapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*