18 Jul 2013

[Genre Buku] Children's Literature - Picture Books

Halo, Kakak Ilman dan Adik Zaidan...

Sesuai janji Bunda pekan lalu, hari ini Bunda akan bahas mengenai picture books atau buku bergambar. Picture Books termasuk ke dalam klasifikasi berdasarkan genre pada Children's Literature.

Seperti namanya, Picture Books atau Buku Bergambar adalah buku-buku yang sarat dengan ilustrasi. Ada yang mencantumkan teks, ada juga yang sama sekali tidak ada teks di dalamnya. Buku bergambar dengan teks pun bermacam-macam. Ada yang mencantumkan teks sepanjang satu paragraf atau lebih, ada yang bahkan hanya mencantumkan satu kata saja.

Buku bergambar pada umumnya ditargetkan untuk anak-anak yang belum bisa membaca, misalnya bayi sampai anak berusia dua tahun. Makin bertambah usia mereka, biasanya pada gambar sudah mulai ditambahkan teks satu huruf, satu kata atau satu kalimat.

Buku bergambar sendiri punya beberapa subgenre, termasuk:
Alphabet Book
  • Alphabet books, buku-buku bergambar yang mengajarkan huruf alphabet. Misalnya untuk menunjukkan kegunaan huruf "a", pada halaman buku itu, ada berbagai benda yang diawali dengan huruf "a", bahkan huruf "a" juga dicantumkan di sana. Begitu seterusnya. Contohnya bisa dilihat di sini.
  • Concept books, buku-buku non fiksi untuk anak-anak. Biasanya, dalam satu buku dibahas satu konsep yang sama. Misalnya berbicara tentang "warna hijau". Di dalamnya bakalan diceritain semua yang berhubungan dengan warna hijau. Tujuannya jelas, supaya pembaca, dalam hal ini anak-anak, paham sama yang namanya warna hijau melalui gambar-gambar yang ada di dalam buku itu. Gambarnya ya jelas dong, warnanya hijau... :D Contohnya bisa dilihat di sini
Concept Book
  • Early readers, buku-buku cerita yang diperuntukkan bagi anak-anak yang sudah mulai tertarik membaca. Biasanya di sini sudah mulai ada kalimat yang digunakan untuk menyampaikan cerita pada anak. Ilustrasi jelas masih ada, dong... Contohnya bisa dilihat di sini.
  • Nursery rhymes, buku-buku yang biasanya berisikan nursery rhymes atau lagu-lagu anak seperti Twinkle Twinkle Little Stars atau Old McDonald had A Farm atau B-I-N-G-O dan masih banyak lagi. Jadi, buku-buku ini berisikan lirik nursery rhymes disertai ilustrasi. Ada yang sebuku isinya beberapa nursery rhymes, ada juga yang sebuku isinya cuma satu judul nursery rhymes tapi di dalemnya ada bermacam versi kalimat gubahan. Ilustrasi jelas mengikuti cerita. Contohnya bisa dilihat di sini.
  • Toy books. Biasanya toy books berupa buku dan ada permainannya. Misalnya buku ular tangga atau buku tebak-tebakan. Bisa juga berupa buku mencocokkan angka. Macem-macem deh. Contohnya bisa dilihat di sini. 
Setelah klasifikasi berdasarkan subgenre tadi, masih ada beberapa kategori picture books lain, lho... Di antaranya...
  • Soft books. Bahan dari buku halus ini (halah, terjemahan Bahasa Indonesia-nya aneh banget) biasanya dari kain dan busa. Biasanya terdiri dari 4-8 halaman dilipat dan ada kancingnya. Sewaktu kakak Ilman dan Adik Zaidan bayi, Bunda menyediakan board books untuk kalian gigit-gigit tapi tetep keliatan lagi baca buku :D 
  • Board books. Dikarenakan anak-anak suka sekali merobek kertas, buku-buku untuk anak-anak biasanya didesain susah dirobek. Yaitu dari kertas tebal yang biasa disebut card board. Memang jadi berat, makanya jumlah halaman untuk board books biasanya tidak banyak. Paling banyak 10 halaman.
  • pop up book
    pop up book
  • Pop Up Books. Kalo di Barney - Read and Dance, Bunda pernah denger terjemahannya jadi "buku meletup". Kenapa begitu? Sebab, pas dibuka, biasanya ada gambar yang muncul. Entah itu binatang, pohon, rumah, apa pun. Biasanya, pop up books termasuk bagian dari board books, dilihat dari sisi bahan kertas yang digunakan.
pop up book

  • Lift the Flap Books. Untuk saat ini, kalian punya beberapa buku-buku lift the flap

    lift the flap book
    books. Flip up books biasanya menyembunyikan teks atau gambar yang belum diketahui, dan ada gambar yang bisa ditarik atau diangkat untuk melihat teks atau gambar yang tersembunyi itu. 





Wow... dari satu genre Picture Books aja, udah ada berapa sub genre tuh? :D


Yang jelas, membaca picture books itu selalu menyenangkan. Oya, picture books yang Bunda paling suka adalah Winnie The Pooh. Bunda suka dengan kelembutan Pooh, urakannya Tigger, bawelnya Rabit, penakutnya Piglet, keibuannya Kanga, kehebohan Roo dan masih banyak lagi!


Kamis depan, Insya Allah, Bunda akan ulas mengenai Buku Anak - Sastra Tradisional






1 komentar:

  1. Wah, ternyata picture books bisa lebih menarik dari komik ya. Tapi apakah tersedia picture books yang dapat di akses online ya?

    BalasHapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*