14 Jun 2023

[2023: Book 12] Whoppsy-Whiffling Joke Book - Roald Dahl

 

Judul: Whoppsy-Whiffling Joke Book 
Penulis: Roald Dahl
Ilustrator: Quentin Blake
Cetakan pertama, 2016
Diterbitkan oleh Puffin Books
Jumlah halaman: 119 hlm
ISBN: 978- 045-14-7931-0
Genre: Fiction, Comedy, Fantasy, Children Literature, e-book, Favorit, English Book 
Status: Punya. Ada di e-book reader
Dibaca:  22 Maret 2023 - 23 Maret 2023



Roald Dahl is known for his humor! This joke book is an ideal companion to his beloved novels.

Roald Dahl's Whoppsy-Whiffling Joke Book is a collection of hundreds of great jokes that would make even the Trunchbull laugh! Inspired by Roald Dahl's wonderful world, these gigglesome gags are guaranteed to raise a chuckle from human beans young and old.

CONTENT NOTE : The jokes in this book may cause reader to become the embodiment of the crying-laughing emoji. Side effects include but are not limited to stomach pains, tears of joy, falling off chairs, and flailing.


Hai, Kakak Ilman dan Adek Zi... (maap manggil Zi sesuai mood)

Suatu hari aku lihat WhatsApp story tante Lila, mengutip joke-nya Roald Dahl yang bikin aku iri dan kepingin baca. Berkat sedikit usaha, akupun dapat versi e-book-nya. Sayangnya, baca ini nggak bisa aku masukkan ke dalam tantangan Babat Timbunan Joglosemar 2023, karena statusnya buku "baru" yang tidak ditimbun lama. 

Meski bukunya disebut jokes, nggak semua isinya bikin aku ketawa ngakak, kok. Karena nggak sedikit jokes-nya yang kelewat garing atau meh. Atau otak aku terlalu teflon buat memahami joke ini maksudnya apa, yaaaaaa...

Asiknya buku ini ada banyak teka-teki tulalit yang bikin sebel orang yang ditanya. Misalnya aja, 

Why did the teacher turn the lights on?
Because the class was so dim!

Why is six afraid of seven?
Because seven eight nine!

Apaan coba?

Atau internal jokes yang kalian cuma bisa paham kalo baca karya Roald Dahl, karena emang ini jokes-nya berdasarkan karya-karya Roald Dahl yang udah ada. Misalnya nih

Why was Miss Trunchbull worried?
Because there were too many rulers in school! 

Yap. Miss Trunchbull adalah karakter dari cerita Matilda, guru yang luar biasa galak dan mengerikan.

Ada jokes yang menurut aku nggak lucu, tapi nggak meh juga, karena menurut aku ini permainan kata... Misalnya aja

How do bees get to school?
By school buzz!

What is a pirate's favorite subject?
Arrrrrrt!

Kalo joke yang menurut aku lucu tuh, misalnya ini

What is a snake's favorite subject?
Hiss-tory! 

What's a witch's favorite subject?
Spell-ing!

hihi...


Rasanya menyenangkan bisa ketawa-ketawa atau mengerutkan kening saat baca jokes yang dibuat Roald Dahl ini. Setidaknya aku bisa "melepaskan" diri dari semua keabsurd-an cerita Roald Dahl sejenak karena jokes ini. 

Yang selalu aku salut dari Roald Dahl adalah imajinasi masa kanak-kanaknya nggak pernah hilang. I wonder, keknya dia dulunya termasuk anak yang dapat predikat "bocah nakal", deh, mengingat imajinasi dan ide-ide gilanya nggak ada habisnya untuk dituangkan di cerita. Kenapa aku berpikir begitu, ya? Mungkin kalo anaknya lurus-lurus aja, mikirnya juga akan kelewat lurus setelah dewasa. Lumayan banyak meninggalkan imajinasi anak-anak, biasanya. Like me. *sigh*

Surely, kalian harus baca ini ketika kalian udah jago bahasa Inggris nanti, biar ngerti jokes-nya. Sebab, kalo diterjemahin ke Bahasa Indonesia, jadi aneh dan nggak lucu. Beneran! 


Aku baca ini untuk ikut tantangan:
- Goodreads Reading Challenge 2023
- Abroad and Beyond Reading Challenge 
- BBBBC Reading Challenge 2023
- Books in English Reading Challenge 2023


Stay healthy both of you! xoxo! 




  
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*