19 Feb 2010

Breakfast at Tiffany's


Terus terang, saya belum pernah menontonnya. Sudah mendownload filmnya, tapi nggak tahu kenapa, donlotannya nggak bisa dibuka. hiks.

Buku ini bercerita tentang Holly Golightly, seorang wanita yang dikenal sebagai ratu pesta, sosialita New York kelas atas dan juga kaki tangan mafia.

Cerita ini disampaikan lewat penuturan aku yang dipanggil Fred, nama kakak Holly, seorang penulis yang apartemennya satu lantai di atas apartemen Holly - yang juga jatuh cinta pada Holly. Cara penuturan tentang Holly dari sudut pandang aku ini, membuat cerita ini menarik, walau terkesan rumit. Mungkin, buat yang sudah pernah menonton filmnya akan merasa kesal saat membaca bukunya, karena konon, cerita di film dibuat lebih sederhana dan berbeda dari cerita di buku (hal ini yang telah membuat Truman Capote merasa dikhianati oleh Paramount Pictures).

Mengambil latar New York tahun 1940-an, novel ini terkesan menggambarkan kehidupan masyarakat kelas atas New York pada masa itu yang setiap malam suka berpesta, minum-minum, hidup penuh keglamoran, berpakaian mewah dan lengkap dengan perhiasannya. Di buku terjemahannya ini, ada gambar adegan pembuka film Breakfast at Tiffany's di mana Holly Golightly sedang sarapan di depan etalase toko perhiasan yang terkenal itu, Tiffany's.

Saya beruntung baca buku ini sebelum nonton filmnya. Walau rumit, tapi imajinasi saya tidak terkungkung. Yang kebayang sama saya saat baca buku ini, Holly Golightly punya paras secantik Audrey Hepburn, pemeran Holly Golightly di filmnya. Waktu itu, teman saya Inem - kasih saya link salah satu scene film itu. Saya nggak nolak, kalo ada yang mau kasih filmnya buat saya. hehehe. Asli pengen nonton, kok!

So far, nggak salah kalo kisah ini begitu legendaris. Terus terang, pertama kali dengar istilah Breakfast at Tiffany's ini tahun 1996 - kalo nggak salah - lewat band Deep Blue Something dalam lagunya Breakfast at Tiffany's. Tapi setelah saya baca bukunya, saya memuji buku ini. Keren.

Breakfast at Tiffany's
Penulis: Truman Capote
Penerjemah: Berliani M. Nugrahani
Penyunting: Anton Kurnia
Pemeriksa Aksara: Daniel Sahuleka
Cetakan II, Maret 2009
Diterbitkan oleh Penerbit Serambi
ISBN:978-979-024-107-7
Fiksi Klasik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*