1 Mar 2010

Gaul Jadul - Biar Memble Asal Kece


Gaul Jadul - Biar Memble Asal Kece
Penulis: Q Baihaqi
Penyunting: Valiant Budhi
Proofreader: Resita Wahyu Febrirati
Cetakan pertama, 2009
Diterbitkan oleh Penerbit Gagas Media
ISBN:978-979-780-346-9
Non Fiksi-Lifestyle

Udah lama denger adanya buku ini. Taun 2009, sih. Pas ada kesempatan ke Togamas, buku ini malah ga ada. Disearch sama petugas di sana, malah masuk ke yang laen-laen. Iuuuh. Nasib!
Baru dapet buku ini pas temenku mau maen ke Gramedia awal bulan kemaren, aku nitip aja. Kenapa ga pergi sendiri aja? Bukan apa-apa, ga ada bujet beli buku untuk bulan Februari, tapi beneran ga tahan pengen baca ini buku. Akhirnya, memelas dan memohon sama si Argo buat mau dititipin beli buku ini. Hehehe.

Baca buku ini, ingatan saya kembali ke masa-masa kecil saya. Saya menghabiskan era taun 80an mulai dari masa balita hingga pra-remaja. Buku ini bener-bener mengingatkan saya akan masa kecil saya. Walau ada beberapa yang baru saya tahu setelah saya besar, semisal film, karena orangtua saya sangat strict sama acara teve.

Buku ini mengupas abis soal masa 80-an, per bab gitu. Makanannya, majalahnya, mainannya, wajib olahraganya, acara tipinya, lagu-lagunya, film-filmnya, banyak lagi, deh! Satu hal yang bener-bener ingin saya nikmati lagi adalah: main game watch. Saya bukan termasuk anak dari orangtua yang berduit banyak, sehingga saya cuma bisa punya satu game watch aja, itupun keluaran Casio, bukan Nintendo. Padahal, sepupu saya punya beberapa game watch keluaran Nintendo, yang sayangnya cuma bisa saya pinjem pas saya main ke rumahnya aja. Dan itupun ga tentu dalam setahun main ke sananya. Hiks hiks.

Ah, saya adi kangen film macam Little House On the Prairie, The A Team, kartun Voltus, He-Man, Silver Hawk..
Makanan? Hmm... coklat Ayam, Wafer Superman, makanan masa kecil saya ketika itu, kebetulan masih ada yang jual sekarang. Jadi ga terlalu ngerasa kehilangan. Tapi, kalo soal acara tivi, ya. Saya bener-bener rindu nonton TVRI. hahaha. soalnya, taun 80-an kan, channel tipi cuman satu itu. TVRI. sejak taun 90-an mulai deh, muncul stasiun tv swasta.
Saya sama si Dodi Purwana, sekarang suka kasuat-suat sama acara TVRI. Dan sekarang, ketika dia di Medan, dia malah demen nonton acara Dari Desa ke Desa. hahahah. dasar.

Jujur aja, saya mau mengakui, walau memang pemerintahan masa Orde Baru terlalu lama memimpin Indonesia, tapi semua program yang ada betul-betul teratur. Sejak adanya reformasi, segalanya makin tak terbendung. Toh, dengan adanya reformasi, praktek-praktek nyeleneh macam korupsi masih tetep berjaya aja.
Nggak tau, ah, mana yang bener, mana yang nggak. Cuma, dulu, rasanya semua serba teratur aja. Sekarang, rasanya semua serba kacau.

Dulu acara Sea Games atau PON itu suka heboh ditayangin di tipi. Lumayan termasuk acara yang saya suka tunggu-tunggu. Kok, kayaknya sekarang sepi, ya? Prestasi olahraga di Indonesia sekarang udah ga sekeren dulu. Walau dulu merasa sebal kalo harus ngumpul di lapangan buat SKJ, tapi lucu aja. Ternyata, kalo sekarang ketemu temen-temen dan bahas momen taun 80-an dulu, rasanya ada banyaaaak sekali cerita. Hehe.
Anyway, saya suka sekali bernostalgia dengan masa 80-an yang udah so last decade, lewat buku ini. Masa kanak-kanak saya ternyata menyenangkan. Hehe...

Ma kasih, mas Q, buat udah menyusun semuanya dalam satu buku ini. Dapat 4 bintang dari saya, deh...

2 komentar:

  1. kalau beli buku ini sekarang kira-kira di mana ya? aku dah ke toga mas n gramedia tp ga nemu. kalau ada infonya bisa dishare ke : bennyrafido@gmail.com

    makasih

    BalasHapus
  2. mohon info untuk mendapatkan buku ini dimana ya, terima kasih

    BalasHapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*