12 Jan 2011

Perahu Kertas


Perahu Kertas
Penulis: Dee/Dewi Lestari
Editor: Hermawan Aksan
Proof Reader: Jenny Jusuf, Reza Gunawan
Desain Sampul: Kebun Angan
Tata Letak Isi: Irevitari
Penerbit: Bentang Pustaka, Truedee Pustaka Sejati
Cetakan I: Agustus 2009
Jumlah halaman: xii + 444 halaman; 20 cm
ISBN: 978-979-1227-78-0

Konon, katanya, buku ini digembar-gemborkan sebagai buku yang bisa didownload lewat operator seluler. Sayangnya, saya waktu itu nggak pake operator yang ditentukan, jadi ya nggak bisa ikutan menikmati baca, sampai akhirnya buku versi cetaknya muncul.

Yah, saya baca buku ini karena kata orang buku ini begini dan begitu. Di luar "tren" bahwa banyak orang baca buku ini, saya memang suka kok, tulisan-tulisan Dee. Cuma, memang, buku ini agak berbeda dengan buku-buku Dee yang lain. Apapun kritik atau komentar miring tentang Perahu Kertas..., saya suka buku ini.

Seperti yang semua sudah tahu, buku ini bercerita tentang dua tokoh utama, Keenan dan Kugy. Mereka sama-sama utusan Neptunus, karena entah kenapa, mereka kayak sering konek. Padahal, ketemu juga baru.

Saya pernah berdebat sama teman saya, soalnya, teman saya ini kesal. Kenapa Kugy mesti pacaran dulu sama si Ojos trus putus, cuma gara-gara Keenan. Trus udah gitu, pacaran juga sama Remi bahkan udah mau tunangan, tapi gara-gara Keenan, hubungan yang kedua ini juga ga long last. Kenapa nggak dari awal aja, langsung jadian ama Keenan? Gitu, katanya. Hahaha... Namanya juga cerita, neng...

Meski kesannya cerita ini mbulet, tapi saya nggak merasa cerita Perahu Kertas ini se-mbulet itu. Tetep khas Dee, mengalir dan saya tetep bisa terbawa arus cerita ini.

Pesan moralnya sih, memang nggak mudah, buat memutuskan apakah seseorang adalah soulmate kita atau bukan. Kadang-kadang, kita cuma mereka-reka aja. Kadang, cuma kebawa nafsu semata aja. Atau cuma gara-gara dia ada di dekat kita saat kita perlu. Kisah semacam ini sebetulnya banyak kejadian di dunia nyata, toh?

Buku ini dapat 4/5 dari saya. Nggak bisa nulis review lebih banyak lagi, soalnya udah banyak yang baca buku ini. Haha...

1 komentar:

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*