31 Jan 2013

AKAR - Dee plus Siapakah Secret Santa Bunda?


Judul buku: AKAR (Supernova #2)
Penulis: Dee a.k.a Dewi Lestari
Penyunting: Dhewiberta
Perancang sampul: Fahmi Ilmansyah
Penata aksara: Irevitari, Binangkit
Pemeriksa aksara: Intan Ren, Intari D
Foto penulis: Reza Gunawan
Simbol sampul: Flower of Life
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan ketiga, September 2012
Jumlah halaman: x + 262 hlm; 20 cm
ISBN: 978-602-8811-71-2
Novel
Status: Punya. Hadiah dari Secret Santa


Di Bolivia, Gio mendapat kabar bahwa Diva hilang dalam sebuah ekspedisi sungai di pedalaman Amazon. Di Indonesia, perjalanan seorang anak yatim piatu bernama Bodhi dimulai. Bodhi, yang dibesarkan di wihara oleh Guru Liong, akhirnya meninggalkan tempat ia dibesarkan dan bertualang ke Asia Tenggara. Di Bangkok, ia bertemu dengan pria eksentrik bernama Kell yang mengajarinya seni tato.
Setelah melalui petualangan yang berliku di berbagai negara, Bodhi akhirnya kembali ke Indonesia. Ia dipertemukan dengan tokoh punk karismatik bernama Bong. Sejak itu, Bodhi menjadi bagian dari komunitas punk dengan perannya sebagai seniman tato.
Sebuah surat misterius yang ditemukan secara tidak sengaja oleh Bodhi kembali membawanya ke gerbang petualangan baru. (dari cover belakang buku)

Halo, Kakak Ilman dan Adik Zidan...
Setelah sekian lama "tidur" baca petualangan Supernova, Bunda mulai baca lagi lanjutannya. Buku kedua ini menurut Bunda lebih simpel, karena karakternya nggak terlalu banyak ketimbang buku pertamanya. Dan humornya lebih mengena. Bunda suka sekali.

Berbeda dengan buku pertama yang terdiri dari banyak keping (maksudnya, Bab), di Akar, Bunda hanya menemukan 3 keping saja.

Keping pertama bercerita tentang Gio. Gio sudah diperkenalkan di buku pertama. Jadi, Bunda nggak asing lagi dengan Gio. Cuma, cerita Gio di Akar "berakhir" dengan kepergiannya untuk menemukan Diva yang hilang di pedalaman Amazon. Nggak banyak "cerita menarik" tentang Gio di sini. Tapi, sepertinya bukan Dee, kalo nggak menyembunyikan teka-teki tentang Gio untuk dilanjutkan di buku berikutnya, barangkali?

Keping kedua dan ketiga bercerita tentang Bodhi. Hidup Bodhi yang ditemukan di bawah sebuah pohon yang tumbuh di sebuah wihara oleh Guru Liong, yang kemudian mengurus dan membesarkannya dan bahkan menjadikan Bodhi sebagai "guru"nya!

Setelah 18 tahun hidup di wihara, Bodhi memutuskan untuk keluar dari wihara. Pada saat perpisahannya dengan Guru Liong, sang guru ini bilang, supaya Bodhi pergi jauh dan jangan kembali lagi. Banyak "keberuntungan" yang menyertai Bodhi ketika dia memulai petualangannya. Bodhi yang nggak pernah punya akte kelahiran apalagi KTP, bisa terbang sampai Thailand! Dan di sana dia bertemu dengan seorang lelaki tampan yang "bersuami" banyak, bernama Kell, yang kelak mengajarinya menjadi seniman tatto. 

Perjalanan Bodhi menyusuri Thailand, Laos, juga Vietnam membuatnya menemukan arti kehidupan. Ada banyak sekali "kebetulan" yang tercipta sehingga Bodhi selalu berada dalam keadaan aman, selamat, sehat wal afiat. Sampai akhirnya, Bodhi kembali ke Indonesia.

Petualangan Bodhi sendiri membuat novel kedua Supernova ini menarik. Terus terang, entah karena Bunda baca Supernova edisi "fotokopian" *maksudnya, dulu Dee pernah nerbitin Supernova edisi ekonomis, dikarenakan pada saat itu harga buku sangat mahal*, Bunda merasa tulisan Dee di Akar lebih matang. Humor dan semuanya berpadu menjadi satu, sehingga sukses berat mengaduk emosi Bunda. Emosi tawa, haru, geram... campur aduk, ada semua!

Dan karena covernya dibuat baru, Bunda merasa worth it to collect, terlepas dari memang serial Supernova ini pada akhirnya akan menjadi salah satu serial kesayangan Bunda... Good job, teh Dewi!

Nah, kayaknya reviewnya segitu aja dulu. Soalnya, ada yang Bunda pengen ceritain...
Kalian ingat postingan yang ini, nggak? Tentang Secret Santa?

Buku ini hadiah dari Secret Santa, yang bisa Bunda baca secara ngebut. Entah karena memang bahasa Indonesia asli (bukan terjemahan), entah karena emang Dee mampu membius Bunda melalui permainan katanya... yang jelas, Bunda bisa selesaikan baca hanya dalam waktu dua hari. Itu juga diselang banyak aktivitas, kan... Nggak duduk baca doang :D

Sebetulnya, Bunda bertanya-tanya. Ini maunya Secret Santa, apa, sih? Bunda udah jelas tuliskan buku apa yang Bunda mau dan udah dimasukin ke rak khusus Dear SS. Tapi, Bunda malah dapetnya buku Akar, yang justru ada di dalam rak wishlist, dan berada di dalam timbunan yang entah ke berapa. Kok, dia bisa menemukan buku Akar? Padahal di rak wishlist itu ada banyaaaaaaak banget, judul buku yang Bunda pengen.

Lalu, ditambah clue:
Si Bintang berkacamata penikmat kisah fantasi.

Bunda got no clue!

Let's see... Setelah konsultasi sana sini juga googling nama "bintang", Bunda menemukan banyak nama. Udah gitu, mana ada yang suka "ngegodain" pula di whatsapp. Bikin Bunda jadi gemes, apakah sebenarnya dia Santa Bunda?

Kita coba dari kata "bintang", ya.
Dalam berbagai bahasa, "bintang" itu di antaranya: 'stellarium", "orion", "kartika", "astrid", "danica", "esther", dan seterusnya. Nah, lho!

Ada tiga tersangka, yang namanya sama dengan nama teman-teman Bunda di BBI, yang berarti "bintang":
1. Kartika Utomo
2. Astrid Felicia Liem
3. Daneeollie atau Perdani Budiarti.

Semula, mengaitkan dengan pilihan buku "Akar", Bunda merujuk pada nama Kartika Utomo. Dalam bahasa Jawa, "kartika" berarti "cahaya malam". Jadi, Bunda stalk tuh, tante Ika. Tapi, Bunda sama sekali nggak menemukan fakta bahwa tante Ika berkacamata. Bahkan tanya sana sini pun, nggak ada yang tahu kalo tante Ika berkacamata. Meski, YES, tante Ika adalah penikmat kisah fantasi.

Lalu, nama Astrid Felicia Liem. Kok, kayaknya bukan tante Astrid, karena fakta yang sama juga. Nggak berkacamata. Bunda malah mencurigai kalo tante Astrid adalah Secret Santa teman Bunda yang lain... Ples, Bunda nggak tahu kalo seandainya tante Astrid hobi menggambar. Meski dalam bahasa Yunani, Astrid berarti "bintang" untuk anak perempuan. Argh!

Ketiga...
Gini. Sewaktu Bunda laporan di grup Whatsapp BBI Bajay, kalo buku dari Santa udah sampai, ada satu nama yang langsung merespon kaget. "Oh, bukunya sudah sampai?" errr.. ini membuat Bunda sempat curiga. Masalahnya, Bunda ga dapet struk pengirimannya. Jadi, Bunda nggak tahu berasal dari kota manakah si Santa ini...

Lalu, faktanya dia berkacamata. Entah kenapa, dari awal, Bunda ngerasa kok, dia, ya, Secret Santa Bunda. Nggak tahu kenapa. Dan sepertinya, dia penikmat kisah fantasi. Dikaitkan dengan Danica yang berarti "bintang timur - untuk anak perempuan" dalam bahasa Slavic (Eropa), nama ini muncul sebagai panggilan atau nicknamenya.

So! Setelah Bunda konsultasi dengan pakde Iwan... rasanya, pilihan ketiga ini yang paling memungkinkan. Meski, kalo nggak salah beliau ini berasal dari Jawa Tengah, kok, nulis kata "Mbak Peni" menjadi "Mba Peni"? Kalo bersuku Jawa, biasanya menulis kata "mbak" itu dengan "mbak", bukan dengan "mba". Argh! Bunda jadi galaaaaau! Oh, ya. Ada satu fakta lagi, sih. Sepertinya, "bintang" yang ini suka menggambar.... :D

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Bunda memilih....

Perdani Budiarti a.k.a Daneeollie a.k.a Dani 

sebagai Secret Santa Bunda.

Bener, nggak, ya? Kalo salah, Bunda mau ngumpet dulu di bawah meja.... X)

23 komentar:

  1. wah keren banget analisisnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin galau tapinyah... entah bener entah salah =))

      Hapus
  2. Aku pengen baca ulang buku ini. Kemarin cuman pinjem di tempat rental >.<

    jadi kapan nih SS ngaku. Aku penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking simple riddlenya, aku malah keder sendiri ini... >_<

      Hapus
  3. lho, jadinya nebak kak Dani ya?
    ayo kak Dani nongol-lah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu... kayaknya salah, deh, mas... :((

      Hapus
  4. Padahal Ika pake kacamata juga ngakunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo iya mbak Ika pake kacamata, berarti sebenernya maksudnya kasih buku Akar itu ngasi tau aku kalo dialah SS-ku? Huwaaaaa... salah, dong? Mbak Dani diem aja pula... :((

      Hapus
  5. eh.. emm..kayaknya mbak dani bukan fans fantasi deh.. *nglirik Mbak Dani :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanyaaa... rasanya Mbak Dani fans romance deeeeh... -_____-"

      Hapus
  6. Hm, kok aku curiga Santanya itu yg "itu tuh.."

    BalasHapus
  7. huaaaa ada namaku disiniii =D dan bun aku malah suka lupa loh kalo arti namaku itu bintang huahahaha...tapi analisisnya kereeen =) ayok dong santanya muncullll

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari awal nemu kata "bintang", aku udah tring ke mbak Astrid. tapi rasanya riddlenya nggak mewakili mbak Astrid :D

      Hapus
  8. Dari awal baca aku nebaknya ika, teh

    BalasHapus
  9. curhat penuh kegalauan :D bisa-bisanya sampai mikir cari padanan arti bahasa slavic hihi...aq malah tdk mikir yg aneh-aneh, tapi memang anak-anak BBI ternyata pada pinter bikin riddle ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ya... ini bukan bahas teka teki riddle, malah curhat penuh galau... hahaha...

      iya, soalnya aku ga punya clue sama sekali soal si "bintang" ini.... :'(

      Hapus
  10. Aku malah nebaknya Ika, mbak. Salah jugakah aku? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata bener mbak Ika, bu dokter... hiks
      abisnya, mbak Ika belum pernah kutemui pake kacamata...

      dan ini nih, yang bikin aku bete...
      KENAPA AKU GA PERCAYA INTUISI PERTAMAKU? *nangis kejer*

      Hapus
  11. Bunda Peni....maafkan daku karena salah kirim buku. Eh, nah lho...

    Jadi begini ceritanya:
    Saya ini newbie di program SS. Karena newbie itulah, saya baca prosedur cara ber-SS di grup FB. dan ada satu prosedur yang menyatakan seperti ini, saya quote:
    "14 November - 17 Desember 2012: Santa harus mengecek wishlist Goodreads si X dan menentukan satu buku yang akan dijadikan hadiah"

    Dan tentu saja dengan tanpa dosa saya mencari di WISHLIST. Sama sekali tidak terpikir bahwa si X sudah menyiapkan rak tersendiri dengan judul Dear SS. Oh, betapa bodohnya saya.
    Saya pikir si X ini menyukai buku Dee karena ada cukup banyak buku Dee yang masuk wishlist. Diantaranya adalah Akar, Petir, Partikel. Sebenarnya karena Partikel merupakan buku yang terbaru, saya kepikiran mau memberikan yg itu saja, tapi kok tidak afdol rasanya ngasih buku yg nomor 4 sementara nomor 2 dan 3 beliau belum punya. Jadilah saya menetapkan Akar karena ini yang nomor 2.

    Bayangkan betapa kagetnya saya setelah membaca postingan si X pada bulan desember tentang riddle dan terungkaplah bahwa saya salah lihat rak goodreads! Oh tidak...pastilah si X sangat kecewa :(
    Namun nasi sudah menjadi bubur dan saya tidak bisa berbuat apa-apa selain berjanji akan lebih teliti lagi dalam program SS selanjutnya agar tidak mengecewakan si X.
    Maaf ya bunda....

    Oh ya untuk masalah kacamata, saya sudah memberikan clue di bajay bahwa saya berkacamata ;p

    Dengan ini saya umumkan bahwa:
    I, Ika Kartika Utomo, hereby swear on my magic that I am the 'dumb' Secret Santa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. No, mbak Ika... gapapa, sebetulnya... aku pikir gini...
      dengan mbak Ika kasih Akar, itu udah clue buatku. Emang, dari awal buka kado dan tulisan "si bintang" itu aku udah kepikiran ke mbak Ika...
      plus, ditambah kata Kar dari Akar... kok, kayaknya matching....

      Yang aku heran... kenapa aku ga percaya intuisi pertamaku, mbak? Berminggu-minggu diskusi sama bu dokter A.s. Dewi meyakinkanku kalo Santaku adalah Mbak Ika.... huhuhuhuhu.... ini yang kusesali. Nggak percaya intuisi pertama.

      Aku sih malah seneng dapat buku Akar, kemudian. Karena emang udah niat beli. Lagipula, BETUL BANGET, aku penggemar karya Dee. Ma kasih, lhooo... mari kita berteman di jejaring sosial! :D

      Hapus
  12. Ngakak baca komen-komennya :))
    tapi ini review bintang-bintang *****

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha... bang ephi bisa ajaaa... ma kasiiiih...

      Hapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*