20 Jun 2012

The Necromancer - The Secret of The Immortal Nicholas Flamel



Penulis: Michael Scott
Penerjemah: M. Baihaqqi
Penyunting: Nadya Andwiani
Korektor: Bayu Ekawana
Tata Letak: MAB
Desain cover: Michael Wagner
Cetakan Pertama: Januari 2011
Cetakan Kedua: Februari 2011
Diterbitkan oleh: Penerbit Matahati
Fiksi fantasi
ISBN: 602859025-8
492 halaman, 14 x 21 cm
5/5

Saat terjadinya Litha semakin dekat.
Para Tetua Gelap semakin kuat.

Josh dan Sophie Newman akhirnya kembali ke San Fransisco, setelah petualangan tanpa henti di Ojai, Paris, hingga London.
Mereka menyadari bahwa ada lebih dari sekadar butiran kebenaran dari setiap mitos dan legenda. Pengalaman dan ilmu yang mereka peroleh dalam seminggu terakhir, membuat keduanya bingung akan masa depan mereka. Si kembar belum menguasai seluruh sihir yang diperlukan untuk menghadapi para Tetua Gelap, sementara Dr. John Dee masih terus mengejar mereka tanpa lelah.

Sementara itu di London, Dr. John Dee, yang untuk kesekian kalinya gagal melaksanakan tugas dari majikan Tetuanya, kini dinyatakan sebagai buronan dan berbalik dikejar oleh sekian banyak makhluk buas. Namun, Dee memiliki rencananya sendiri untuk menguasai dunia. (cover belakang buku)

Halo, kakak Ilman dan adik Zaidan...
Terus terang agak bingung, mau kasih judul apa. Soalnya, tulisan Bunda sekarang asli ga ada yang fokus. Hihihi... Banyak banget yang pengen diceritain, soalnya. Dan sedang nggak bisa ngambil benang merah dari semuanya, selain karena memang sedang nulis review tentang buku ini. 
Akhirnya, selesai juga baca buku ini. Setelah diskip sama buku-buku yang lain. Padahal, seru. Nggak bisa berhenti bacanya. Waktu itu, rencananya sambil nunggu Warlock dan Enchantress aja beresin bacanya. Biar nggak nunggu lama. Eh, ternyata, Enchantress sampai hari ini belum jelas kapan diterjemahkannya... :(

Eh, Bunda emang belum bikin review ketiga buku sebelumnya, sih, ya... Sepertinya harus Bunda buat juga... Supaya kebayang nanti sama Kakak Ilman dan Adik Zaidan, seperti apa serunya buku ini. Makanya, Bunda niat banget koleksi buku ini... Dan... ya ampun! Ternyata hari ini ada acara posting bareng BBI review buku Fantasi! Telat pula postingnya! Soalnya sampai sore tadi ada rapat di sini...

--------

Waktu akhirnya Sophie dan Josh berhasil kembali ke rumah bibi Agnes mereka di San Fransisco, sementara Nicholas Flamel dan Perenelle kembali ke rumah mereka, ternyata si kembar emas dan perak ini kedatangan tamu. Tamu-tamu itu adalah Aofie dan Niten. Aofie ini saudara kembar Scatcach, makanya waktu pertama ketemu Aofie ini, Sophie seneng banget, karena dikiranya Scatty. Aofie dan Scatty sudah ribuan tahun tidak saling bicara karena mereka terlibat pertengkaran hebat. Aofie tiba-tiba muncul karena dia merasakan sesuatu tidak beres dengan saudari kembarnya. Dan dia mencari informasi tentang kembarannya itu dari Sophie.

Sophie kemudian diculik Aofie, Josh menyusul Flamel dan Perenelle untuk mengejar Sophie. Setelah mereka bertemu dan terlibat dalam perdebatan yang serius, mereka sepakat untuk membawa Josh ke Prometheus untuk diajari sihir elemental lain, yaitu Sihir Api. Dari sini mulai kelihatan menyebalkannya Josh. Eh, tapi mungkin karena dia ada di bawah pengaruh Dee dan kekeras kepalaannya untuk membelot, membuatnya sangat mudah percaya dengan Dee. Apalagi, Josh sudah sangat terikat dengan pedang Clarent. Bisa dibayangkan, kan, ketika dia tahu Dee punya keempat pedang itu, ke mana arah perhatian Josh?

Ada percakapan antara Sophie dengan  Perenelle yang menarik. Dia merasa bahwa Flamel dan Perenelle memang telah merencanakan semuanya. Sophie dan Josh dibangkitkan. Perenelle memang bermaksud menceritakannya di saat Litha, sebab mereka akan dibangkitkan di waktu itu. Di mana aura emas dan perak mereka sedang berada di titik terkuat.

Apa itu Litha? Kalo menurut om Wikipedia, Litha itu...

Midsummer day simply refers to the period of time centered upon the summer solstice, but more often refers to specific European celebrations that accompany the actual solstice, or that take place on a day between June 21 and June 24, and the preceding evening. The exact dates vary between different cultures. Midsummer is especially important in the cultures of Scandinavia, Estonia and Latvia where it is the most celebrated holiday apart from Christmas.

Nah, lho, summer solstice apa lagi? Nanya lagi ke om Wiki, summer solstice itu adalah...

The summer solstice occurs at the instant when the Sun's place in the sky is at its smallest angular distance on the side of the equatorial plane from the watcher.
The word solstice comes from Latin sol (sun) and sistere (to not move), summer solstice meaning Sun stand still in summer.

Hmm... jadi intinya, Sophie dan Josh memang dibutuhkan oleh Nicholas Flamel dan Perenelle untuk dibangkitkan. Karena mereka kembar emas dan perak. Padahal, mereka bukan kembar emas dan perak pertama yang berusaha dibangkitkan oleh Flamel. Tapi, kalo sampai Dee bahkan pengen ikut menguasai juga, sepertinya Dee sudah mengendus kehebatan kedua kembar emas dan perak ini. Konon, mereka betulan kembar emas dan perak murni yang mereka cari selama ini. 

Waktu Josh dikendalikan Dee, dia ditawari untuk belajar necromancy. Yaitu sihir membangkitkan mereka yang telah mati. Josh yang sudah mulai tertarik akan ilmu arkeologi, langsung berkhayal, seandainya dia sudah menguasai sihir itu, tentu dia bisa membangkitkan dinosaurus dan lainnya yang sudah punah.

Jadi, gimana kelanjutan cerita di buku ini? Bacalah sendiri, anak-anak Bunda... Buat apa ada bukunya kalo Bunda cerita ulang semuanya di sini? :D

Di bagian akhir buku, Scott menulis tentang Alcatraz. Beberapa waktu lalu, Alcatraz sering ditayangkan di salah satu tv nasional di sini. Apa itu Alcatraz? Nah, hasil Bunda nanya sama mbah om Wiki lagi, diarahin ke situsnya tersendiri malahan... 



Alcatraz itu dulunya pernah jadi penjara. Banyak cerita serem yang beredar tentang Alcatraz. Nah, kesan serem ini makin diperuncing di serial ini dengan Alcatraz yang dibeli Dr. John Dee, trus dipake buat memenjarakan semua makhluk seram dan buas yang berasal dari ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, di sini. Suatu saat, semua makhluk ini akan dilepas ke dunia. Supaya punah umat humani dan nanti terbentuk humani yang baru yang nurut sama Dee. Kayaknya sih, rencana Dee begitu, ya...



Alcatraz atau The Rock, bernama  asli pulau Isla de los Alcatraces (Pulau Pelikan), yang ditemukan oleh Juan Manuel de Ayala.
“Aku namakan pulau ini Isla de los Alcatraces (Pulau Pelikan) karena jumlah mereka sangat banyak di sini. ” – Letnan Spanyol Juan Manuel de Ayala, 1775.
Di cerita ini, hantu Ayala yang menemani Perenelle selama berada di Alcatraz. Bahkan membantunya kabur dari situ.

Ternyata, suku Indian pribumi Ohlone atau Costanoan sudah lebih dulu mengumpulkan telur dan memancing di pulau itu selama beberapa generasi. Pulau ini juga menjadi tempat pertama kalinya menara suar di Pesisir Barat berada.

Di Alcatraz, dibangun rumah penjara pada tahun 1867. Awalnya memang untuk penjara militer, meski kemudian setelah terjadi gempa besar, penjara ini menampung banyak narapidana dari daratan utama. Alcatraz menjadi penjara militer sampai tahun 1933, kemudian berubah menjadi penjara federal sampai ditutupnya, tahun 1963.

Nah, foto di bawah ini adalah foto sewaktu Penduduk Asli Amerika berusaha menduduki Alcatraz. Mereka ingin pulau Alcatraz dikembalikan lagi kepada mereka. 



Mulai tahun 1972, Alcatraz menjadi bagian dari Area Rekreasi Nasional Golden Gate, yang setiap tahunnya dikunjungi lebih dari satu juta orang.

Kalo tentang bukunya sendiri, makin ke sini, terjemahannya semakin enak. Meski kadang, ada yang hilang, seperti tanda bacanya. Baca buku ini makin nggak bisa berhenti dan makin degdegan setiap bacanya. Bunda senang, karena untuk serial ini, cover asli dipertahankan. Habis ini, Bunda jadi pengen nulis review The Alchemyst, The Magician, The Sorceress [biarin telat juga] dan akan segera baca Warlock. Trus, kapan, ya, Enchantress-nya terbit? *poke pakde Babah* :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*