16 Okt 2012

Gossip from the Girls' Room



Judul: Gossip from the Girls' Room - Gosip dari Toilet Cewek (Blogstastic #1)
Penulis: Rose Cooper
Penerjemah: Nadya Andwiani
Penyunting: Ida Wajdi
Penyelaras Aksara: Fenty Nadia
Pewajah Isi: Aniza Pujiati
Diterbitkan oleh: Penerbit Atria
Cetakan I: Maret 2012
ISBN: 978-979-024-478-8
teenlit




Jika ada sesuatu yang menarik terjadi di SMP Middlebrook, Sofia mengetahuinya. Dan semuanya ada di dalam buku catatan super-rahasianya....

Aku, Sofia Becker, pasti akan menjadi salah satu murid populer di Middlebrook, dan bukan seperti Mia St. Claire. Karena itu, begitu naik ke kelas enam, dibantu oleh sahabatku, Nona Bows, aku akan bertekad mewujudkannya. Caranya dengan mengisi blog anonim di situs web sekolah dengan informasi-informasi menarik - yang kudapatkan dari Bilik Bau di toilet cewek.

Dan sekarang, mana yang lebih menarik? Mia yang naksir Andrew - yang pasti tidak akan mungkin karena Andrew suka padaku - atau kisah tragis salah satu murid Middlebrook yang ibunya mengandung lagi - kau tahu kan seperti apa orangtua saat mereka punya bayi? (dari cover belakang)


Buku ini bercerita tentang Sofia Becker, penulis blog di SMP Middlebrooks. Sofia bukanlah tipe cewek populer di sekolahnya, tapi popular-wanna-be. Dia ingin menjadi terkenal setelah blognya terkenal. Maka, Sofia memutuskan untuk menjadi blogger anonim di blog sekolahnya.

Untuk menarik minat pembacanya, Sofia menuliskan gosip-gosip "penting". Tentu saja seputaran sekolah. Nah, untuk mengumpulkan data, Sofia bersembunyi di sebuah toilet yang dikutuk sebagai Toilet Bau, di mana tidak seorang pun berminat masuk ke sana. Sambil nongkrong untuk menguping, Sofia punya buku catatan khusus untuk data blognya. Supaya tidak menarik perhatian, buku catatan ini disamarkan sebagai buku catatan biasa saja yang tidak menarik minat.

Pada mulanya, saat menulis di blog, Sofia terang-terangan menyebutkan nama, hingga dia mendapat teguran dari Mr. Andrew untuk tidak menulis nama seseorang secara terang-terangan. Akhirnya, Sofie menulis inisialnya saja.

Ada beberapa orang yang tidak Sofia sukai, di antaranya adalah Mia St. Clair dan Penelope. Mia St. Clair ini sebenarnya bukan anak orang kaya. Tapi dia bertingkah seperti orang kaya dan suka pamer pada Sofia. Di sisi lain, ada Penelope yang memang anak orang kaya dan sering sekali pakai baju dan sepatu bermerek untuk lalu dipamerkan pada Mia.

Suatu ketika pernah buku catatan khusus sebelum ngeblog milik Sofia hilang! Dan ternyata terjatuh di toilet. Yang menemukannya adalah petugas kebersihan sekolah, yang tidak lain adalah ayah Mia! 


Hai, Kakak Ilman dan Adik Zidan...



Membaca kisah Sofia ini, bikin Bunda seperti tertarik ke masa Bunda sewaktu SMP. Masa-masa di mana "popularitas" adalah hal yang sangat penting. Padahal, populernya juga bukan karena hal yang hebat. Cuma karena dia pakai sepatu keluaran terbaru, ditaksir cowok paling culun atau paling keren, atau karena dia baru jadian dengan playboy! Yah, begitulah masa bunda di SMP, di mana cewek-cewek berlomba mencari popularitas, meski dengan cara yang.. well, nggak keren sama sekali :D
*untung Bunda bukan termasuk cewek tenar. jadi, begitu ketemu teman-teman SMP lagi, Bunda mah biasa aja. Berbeda dengan teman-teman yang dulunya tenar, seakan-akan mereka masih butuh ketenaran itu... :D*

Akan punya adik bayi ketika kamu SMP itu seperti mimpi buruk. Sampai penting untuk diangkat di blog dan dianggap memalukan, bahkan kasihan sekali yang bakalan punya adik kecil itu. Eh, padahal, Bunda punya adik bayi waktu saya kelas 1 SMP dan kelas 3 SMA, lho. Rasanya? Senaaaaaaaaang! Bukan mimpi buruk! :p
 

Pasti senewen, ya, kalo mendapati ibu kalian ngajar di tempat kalian sekolah. Untuk masa-masa ABG, pasti itu jadi tekanan sendiri. Kalo ada gosip yang berhubungan dengan kalian di sekolah, ibu kalian pasti tahu juga. Susah ngumpet dan bohong juga, kalo kalian mabal dengan alasan ada urusan di sekolah, padahal kalian mau ke mall.

Anyway by the way busway, Bunda sebal dengan karakter Sofia ini. Sebal bukan karena dia pengen ngetop dengan cara anonim. Tapi lebih karena dia nggak membalaskan semua dendamnya secara elegan. Haha. Apaan, sih. Namanya juga masih ABG. Wajar aja kalo pola pikirnya ajaib.

Well, Rose Cooper menulis karakter Sofia Becker - anak SMP - dengan karakter alami, standar anak SMP yang biasa banget. Nggak terlalu pintar, nggak terlalu cantik. Super biasa aja. Dengan masalah-masalah standar anak SMP. Meski nggak berhasil membuat Bunda tergelak atau menangis, lumayan lah. Sempet geregetan sama Sofia, apalagi pas isi bukunya dibaca sama yang menemukannya. :D


Jadi pengen baca buku berikutnya. Katanya sih gosip dari toilet cowok. Kita lihat saja nanti...

Oya, blog penulisnya bisa kalian kunjungi di sini.

2 komentar:

  1. Kayak Gossip Girl ya~ kayaknya lucu nih

    BalasHapus
  2. sist tau judul novel/teenlit tentang cowok smu pendiam yang ternyata bekas anggota gengster dan gara gara tu ceweknya di smu di culik anggota geng lainnya..klo ada info ya ke blog saya ya.. just-agieta.blogspot.com...lg nyari bgt ni...thx so

    BalasHapus

tirimikisih udah ninggalin komen di sini... *\(^0^)/*